Kamis, 06 November 2014

Budidaya Semut Rang-rang (Kroto) Tanpa Ratu ?

Budidaya Kroto Tanpa Ratu ?

Banyak yang bertanya apakah mungkin kita bisa berbudidaya semut rang-rang tanpa seekor ratu? Jawabannya, BISA!!

Hampir semua pemula terjebak dalam persepsi untuk berbudidaya semut rang-rang harus memiliki ratu. Sehingga banyak peternak yang ragu hingga mengurungkan niatnya untuk beternak kroto karena tidak memiliki seekor ratu.

Namun faktanya, tanpa ratu pun kita masih bisa berbudidiya dan menghasilkan kualitas kroto yang super. Dalam satu koloni terdapat 4 jenis anggota semut. Penjelasan lebih detailnya bisa kita simak di di post selanjutnya.  Dari fakta yang ada, semut pekerja pun pada masanya akan menghasilkan semut calon ratu dan dari calon ratu tersebut akan menjadi seekor ratu.

Maka dari itu bila pada awal berbudidaya kita tidak memiliki ratu, suatu saat bisa dipasatikan kita akan memiliki seekor ratu karena sudah terdesain secara alamiah.

Yang perlu diketahui oleh kita semua, dalam satu koloni hanya terdapat 1-2 ratu saja. Koloni semut menganut hukum alam yaitu survival of the fittest, yang paling kuat lah yang bisa bertahan. Bila secara alamiah menetas banyak calon ratu, nanti yang akan terseleksi menjadi ratu hanyalah 1-2 ekor saja. Maka dari itu mencari ratu atau menjadikan ratu sebagai awal standar berbudiya semut rang-rang tidaklah menjadi keharusan. Lalu bagaimana agar kroto yang dihasilkan bisa banyak dan berlimpah kalau ratu hanya terdapat satu atau dua dalam sebuah koloni?


Memang salah satu kelebihan ratu adalah Ia bertelur setiap hari dan jumlah telur yang dihasilkan jumlahnya berkali-kali lipat dibanding semut pekerja. Namun jangan kita lupa bahwa semut pekerja memiliki jumlah ribuan hingga puluhan ribu dalam satu koloni. Salah satu tugas semut pekerja juga adalah bertelur.

Oleh sebab itu kita tidak perlu khawatir kalau kroto yang kita hasilkan sedikit karena tidak memiliki ratu. Perbanyak saja jumlah koloni semut pekerja, dan pada saatnya nanti akan muncul dengan sendirinya seekor ratu tanpa kita sadari.
sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar